Selasa, 15 Maret 2011

Tubuh adalah akal, ruh dan jasad

Apa yang kita miliki saat ini semuanya adalah titipan dari Allah SWT, termasuk jasad yang selalu kita bawa kemanapun kita pergi. Jika kita di titipi suatu barang oleh teman kita maka secara otomatis kita akan menjaga barang tersebut agar jangan srusak ataupun hilang. Begitu juga dengan jasad ini. Ketika Allah SWT menitipkanya maka sudah menjadi kewajiban kita untuk memelihara dan merawatnya, jangan sampai rusak oleh karena kecerobohan dan ke egoisan kita saja.

Setidaknya jasad atau tubuh kita ini mempunyai tiga hak yang wajib kita berikan padanya, yaitu
kesehatan akal, kesehatan ruhiyah dan kesehatan jasadiyah. Dengan akal yang sehat dan jernih kita akan mudah untuk mengambil sebuah keputusan secara bijak. Kesehatan akal dapat diasah dengan membaca buku, mengajar, menghafal al - qur'an, menjaga panca indra dsb. Kemudian dengan kondisi ruhiyah yang sehat kita dapat dengan mudah menerima nur (cahaya/petunjuk) illahiah untuk menjalani hidup. Bagi seorang muslim cara membina dan menjaga kesehatan ruhiyah yang paling minimal adalah melaksanakan shalat wajib dengan tepat waktu. Dan yang terakhir adalah kesehatan jasadiyah, jasad yang sehat akan memudahkan kita untuk melakukan aktivitas yang juga dapat menyehatkan bagi akal dan ruhiyah kita. Dengan jasad yang sehat kita akan mudah untuk belajar, mengajar, berpikir, dan melakukan ibadah lainya.

Tubuh adalah akal, ruh dan jasad, jika salah satunya saja tidak kita jaga dengan baik maka dzalimlah diri ini. Karena pembinaan terhadap ketiganya merupakan suatu hal yang mutlak. Diantara ketiga bagian tubuh tersebut, hal yang sering kita lupakan adalah pembinaan jasad/ kesehatan jasad. Kita sering merasa jasad kita sehat - sehat saja dan baik - baik saja, tidak mempunyai keluhan atau masalah kesehatan, padahal kerusakan tidak datang sekaligus melainkan bertahap. Sehingga tidak heran jika saat masih muda kita merasa sehat tiba - tiba 10 tahun kemudian kita terdeteksi diabetes, jantung, kerusakan pembuluh darah, hati dsb. Naudzubillah... dan itu merupakan peringatan dari Allah betapa lalainya kita menjaga tubuh ini.

Oleh karena itu marilah kita penuhi hak tubuh kita. Hak dari akal, ruhiyah maupun jasadiyah. Karena semuanya adalah titipan Allah SWT.

 Wallahu'alam bishawab







0 comments:

Posting Komentar