Sabtu, 13 Agustus 2011

Tetap Latihan di Bulan Ramadhan

Ga kerasa bulan ramadan sudah mencapai usia setengahnya di tahun ini, begitu cepatnya  hari berlalu hingga tibalah hari sabtu, hari untuk tetap latihan di bulan ramadhan.

Males?? jangan dong, kasihan kan lemak dan otot di badan kita jadi ikutan lemes.

Kalau kita menunda jadwal olah raga sampai lebaran maka akan terjadi yang namanya penurunan kadar Hb, berkurangnya kekebalan tubuh sampai adanya masalah pada daya tahan jantung dan paru - paru. Hal inilah yang membuat kita terasa lebih lelah dan letih (3L).

Hemoglobin (Hb) berfungsi untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, jika kadar Hb dalam darah berkurang maka akan terjadi penurunan suplai oksigen dalam tubuh. Hal ini-lah yang memicu rasa lemas pada tubuh kita. 

Daya tahan jantung dan paru - paru merupakan ketahanan sistem kardiopulmonary dan pembuluh darah dalam mengambil oksigen dan menyalurkannya ke seluruh tubuh terutama jaringan yang aktif sehingga dapat digunakan pada proses metabolisme tubuh

Sebenarnya aktivitas kita dibulan ramadhan tidaklah lebih "nyantai" bila dibandingkan dengan bulan - bulan biasanya (kecuali orang sholeh yang selalu konsisten amalanya dibulan lain), karena tiap setiap hari kita menjalankan aktivitas yang cukup padat mulai dari sahur sampai shalat tarawih. Jika kebugaran fisik, otot, jantung dsb tidak dijaga maka keletihan pun akan melanda.

Selain itu manfaat olah raga di bulan ramadhan adalah tubuh lebih cepat langsing, apalagi dilakukan 30 menit jelang buka puasa karena pembakaran lemak akan lebih efektif. Tapi perhatikan juga pola makan saat berbuka, jangan sampai habis lelah kalori bertambah gara - gara makan tanpa arah.

Jenis olah raga bisa disesuaikan dengan niat atau tujuan semula misalnya bagi yang hanya ingin menjaga kebugaran saja maka kita bisa memilih olah raga rekreasi seperti, bersepeda, jogging, atau jalan santai. Tapi jika ingin membakar lemak dalam tubuh kita bisa melakukan olah raga efektif. Olah raga efektif tidak harus selalu bersimbah keringat, tetapi olah raga yang berulang/berirama seperti berenang, jogging jalan cepat ataupun senam ala thifan. 
Intinya ga ada alasan untk ga latihan walaupun di bulan Ramadhan. So 頑張ってください




0 comments:

Posting Komentar