Sabtu, 23 Oktober 2010

Pentingnya Pemanasan dan Pendinginan sebelum dan sesudah latihan

Lari biasanya bagian akhir dari pemanasan
Olah raga merupakan salah satu kegiatan yang dapat membuat tubuh andasehat dan bugar, tapi olah raga juga bisa menjadi sumber masalah jika anda tidak memulai atau mengakhirinya dengan benar. Lebih tepatnya jika anda salah atau bahkan bermalas - malasan untuk melakukan pemanasan dan pendinginan. Jika itu terjadi maka bukan sehat yang anda dapatkan, bisa - bisa tubuh anda malah pegal - pegal atau mengalami cedera pada saat latihan. 

Pemanasan sebelum olahraga berat sangat penting. Pemanasan mempersiapkan
otot jantung dan sistem peredaran darah. Ketika anda memulai aktivitas fisik, aliran darah tidak segera tersedia bagi jantung dan otot. Sebuah pemanasan yang tepat mengurangi risiko tidak beraturanya detak jantung koroner  yang berhubungan dengan sirkulasi yang buruk.Peemanasan juga meningkatkan performa, karena peregangan meminimalkan pembentukan asam laktat pada awal aktivitas fisik. Selain itu, pemanasan meningkatkan suhu tubuh. Untuk setiap tingkat ketinggian suhu, tingkat metabolisme sel meningkat sekitar 13 persen.
Alasan lain adalah pemanasan membantu mencegah cedera. Elastisitas dan fleksibilitas pada otot tendon dan ligamen ditingkatkan. Cairan Sinovial , yang melumasi sendi mudah dilepaskan selama aktivitas. Secara umum, pemanasan mempersiapkan tubuh untuk peningkatan permintaan latihan intens. 

Setelah selesai melakukan pemanasan maka anda pun masuk pada latihan inti selama 90 menit. Jika anda sudah selesai melakukan latihan maka sangat dianjurkan untuk melakukan pendinginan. Pendinginan sama pentingnya dengan pemanasan. Setelah melakukan aktivitas yang cukup berat, penting untuk menghabiskan 5-10 menit dalam tahap yang relaks (tenang). Pendinginan setelah latihan sangatlah penting untuk memulihkan otot dan jantung secara efektif dari aktivitas fisik. Beberapa manfaat dari pendinginan diantaranya :
  1. Kebalikan dari pemanasan. Respirasi, suhu tubuh, dan denyut jantung secara bertahap kembali normal.
  2. Selama tahap pendinginan, kaki membantu mengembalikan darah ke jantung. Otot di kaki bertindak sebagai pompa untuk membawa darah kembali ke jantung. Tiba-tiba menghentikan aktivitas kardiovaskular menyebabkan darah berkumpul di kaki bukannya bersirkulasi ke otak.
  3. Tidak cukup pasokan darah di otak dapat menyebabkan pusing atau pusing.
  4. Pendinginan dapat membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh.
  5.  Pendinginan juga dapat mengurangi asam laktat di dalam darah (penumpukan asam laktat dapat membuat badan kita terasa pegal).
Ada dua bagian pendinginan. Pertama, seseorang melakukan aktivitas kardiovaskular yang ringan seperti berjalan untuk menurunkan denyut jantung, suhu tubuh, dll. Kedua, peregangan statis. Anda harus meluruskan semua kelompok otot utama setidaknya selama 10-30 detik( jadi bukan delapan hitungan ya...???!!!:D). pada peregangan otot harus terasa tertarik tetapi tidak merasa sakit. Peregangan pada pendinginan dapat membantu meningkatkan fleksibilitas tanpa menyebabkan cedera. 

Jadi jangan ragu - ragu lagi untuk melakukan pemanasan sebelum latihan... .

sumber : klik disini

1 comments:

bagus nie artikel ... pemanasan ya tapi pendinginan kadang tidak dilakukan.

Posting Komentar